0

Fungsi Prangkat Pada Mainboard

Wednesday, October 30, 2013
Share this Article on :

Jika Sobat-sobat telah mengetahui jenis-jenis matherboard kita harus mengetahui juga apa ea yang ada didalam Sebuah PC tersebut Dan apa-apa saja yang terdapat pada matherboard..

2.5.1. Konektor Power

    Konektor power adalah pin yang menyambungkan
motherboard dengan power supply di casing
sebuahkomputer. Pada motherboard tipe AT, casing
yang dibutuhkanadalahtipe AT juga.Konektor
power tipe AT terdiridariduabagian, di manaduakabeldari power supply
akanmenancap di situ. Padatipe ATX, kabel power supply
menyatudalamsatu header yang utuh,
sehinggaAndatinggalmenancapkannya di motherboard.
Kabeliniterdiridariduakolomsesuaidengan pin di motherboard yang
terdiriatasdualarik pin juga. Ada beberapa motherboard yang
menyediakanduatipekonektor power, AT danATX.Kebanyakan
motherboard terbarusudahbertipe ATX.


2.5.2. Socket atau Slot Processor
Sesuainamanya, soket Processor adalahsebuahsoket yang diperuntukkanbagisebuah processor.Soket processor disesuaikandengan processor yang akan di gunakan. Saatini, adadua provider yang menguasaipasaran processor di dunia, yaitu AMD danINTEL.Dengansoketini pula, kitabisamengenali computer berdasarkankelasnya.Terdapatbeberapatipe socket untukmenancapkanprosesor. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 ataupopulardenganistilah Socket 7. Socket inikompatibeluntukprosesorbikinan Intel, AMD, atau Cyrix.Biasanyadigunakanuntukprosesor model lama (sampaidengangenerasi 233 MHz).Adalagi socket yang dinamakan Socket 370.Socket inimiripdengan Socket 7 tetapijumlahpinnyasesuaidengannamanya, 370 biji.Socket 11
inikompatibeluntukprosesorbikinan Intel.Sementara AMD menamaisendirisocketnyadenganistilah Socket A, di manajumlahpinnyajugaberbedadengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untukmenunjukmerekprosesor Athlon.Untukkeluargaprosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakandisebutdengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjangprosesor AMD menggunakan Slot Auntukjenis slot yang sepertiitu.

2.5.3. NorthBridge Controller

Northbridge berfungsiuntukmenjembataniarus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus jugamengaturkerja power management.VIA VT8751A yang memberikan interface prsessordenganfrekuensi 533/400MHz, yang mensupportintelHypertheadingTecnologi, interface system memory yang beropersipada 266MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukungspesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengankecepatan 4X.

2.5.4. Socket Memory

Soket memory berfungsiuntukmeletakkanmemoripada motherboard. Ada duatipe socket memori yang kiniberedar di masyarakat. Memangadajuga socket terbaruuntuk Rambus-DRAM tetapisampaikinibelumbanyakpengguna yang memakainya. Socket lama yang masihcukup popular adalahSIMM.Socketiniterdiridari 72 pin modul.Socket yang keduamemiliki 168 pin modul, yang dirancangsatuarah.Andatidakmungkinmemasangnyaterbalik, karenagalur di motherboard sudahdisesuaikandengan socket memoritipe DIMM.

2.5.5. Konektor Floppy dan IDE

Konektorinimenghubungkan motherboard denganpirantisimpan computer seperti floppy disk atauharddisk.Konektor IDE dalamsebuahmotherboard biasanyaterdiridaridua, satuadalah primary IDE danyang lain adalah secondary IDE.Konektor Primary IDE menghubungkanmotherboard dengan primary master drive danpiranti secondary master.Sementara, konektor secondary IDE biasanyadisambungkandenganpiranti-pirantiuntuk slave seperti CDROM danharddisk slave.Bagaimanamenyambungkan pin dengankabel ?Mudahsekali. Pita kabelIDE memilikitanda strip merahpadasalahsatusisinya. Strip merahtersebutmenandai, sisikabelberstripmerahditancapkanpada pin bernomor1dikonektornya. Bilamenancapterbalik, piranti yang terpasangtidakakandikenalioleh computer. Hal yang samaberlakuuntukmenyambungkankabel floppy dengan pin di motherboard.



2.5.6. AGP Slot

Slot port penyelerasigambarinimensupportgrafik card mode 3.3V/1.5V AGP 4X untukaplikasigrafis 3D.

2.5.7. SouthBridge Controller

Southbridge berfungsiuntukmengaturkerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem danfungsi I/O lainnya.Peripheral kontrolerterintegrasi VIA VT8235 yang mensupportberbagai I/O fungsitermasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.

2.5.8. Standby Power LED

Led inimenyalajikaterdapat standby power di motherboard.LEDinibertindaksebagai reminder (pengingat) untukmematikan system powersebelummenghidupkanataumematikanmesin.

2.5.9. PCI Slot

Pengembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensupport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengankeluaranmaksimum 133MB/s.

2.5.10. Konektor Mouse

Konektorhijau 6 pin iniadalahuntukmenghubungkan mouse dengankomputer. Konektoriniada yang langsungterpasangpada motherboard danada pula yang tidakterpasang.

2.5.11. Port Parallel dan Serial

Padatipe AT, port serial danparaleltidakmenyatudalamsatu motherboard tetapidisambungkanmelaluikabel.Jadi, di motherboard tersedia pin untukmenancapkankabel.Fungsi port parallel bermacam-macam, mulaidarimenyambungkankomputerdengan printer, scanner, sampaidenganmenghubungkankomputerdenganperiferaltertentu yang dirancangmenggunakankoneksi port paralel. Port serial biasanyadigunakanuntukmenyambungkandengankabel modem ataumouse.Adajugapiranti lain yang bisadicolokkanke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port parallel dan serial sudahterintegrasidalam 14
motherboard, sehinggaAndatidakperlumenancapkankabel-kabel yang merepotkan.
 
2.5.12. RJ-45 Port

Port 25-pin inimenghubungkankonektor LAN melaluisebuahpusatnetwork.Adajuga yang difungsikanuntukmenghubungkan PC dengan Modem Eksternal.

2.5.13. Jack Audio

Jack line in (birumuda) menghubungkanke tape player atausumberaudiolainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack inimenjadai bass/tengah.Jack line out (lime) inimenghubungkanke headphone atau speaker.Pada mode 6-channel, fungsi jack inimenjadi speaker out depan.Jack mic (pink) inimeghubungkankemikrofon.Pada mode 6-channelfungsi jack ini rear speaker out belakang.

2.5.14. USBPort


USB (Universal Serial Buss) digunakanuntukmenghubungkanperangkat USB.

2.5.15. Port VGA

Port 15-pin iniadalahuntuk VGA monitor atau VGA perangkatlain yang kompatibeldengan port ini.


2.5.16. Konektor Keyboard
Ada duatipekonektor yang menghubungkan motherboard dengankeyboard.Satuadalahkonektor serial, sedangkansatulagiadalahkonektor PS/2.Konektor serial atautipe AT berbentukbulat, lebihbesardari yang model PS/2 punya, denganlubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memilikilubang pin 6 buahdandiameternyalebihkecilseparuhnyadibanding model AT.

2.5.17. Baterai CMOS

Bateraiiniberfungsiuntuk member tenagapada motherboard dalammengenalikonfigurasi yang terpasang, ketikaiatidak/belummendapatkandayadari power supply.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment