0

APA ITU GPU DAN CPU ? BERIKUT PENGERTIAN,CARA KERJA DAN FUNGSINYA

Saturday, June 10, 2017
Share this Article on :
Pengertian, Cara Kerja, Dan Fungsi Dari CPU dan GPU - Semakin  hari perkembangan teknologi semakin cepat dan berubah, salah satu  contohnya ada perkembangan CPU dan GPU komputer. Berikut ini akan kami  jelaskan mengenai pengertian, cara kerja, dan fungsi dari CPU dan GPU.  Sedikit tambahan saja kalau CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, sedangkan GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit.
CPU dan GPU adalah sama sama sebuah device yang bernama   prosessor.Bedanya,GPU adalah prosessornya graphics yang hanya bertugas  mengolah data grafis,sedangkan CPU adalah prosessor dari keseluruhan  Komputer yang bertugas mengolah data dan perintah dari  keseluruhan  komputer.

Untuk CPU terdapat memory penyimpanan sementara yang disebut dengan RAM,  sedangkan pada GPU juga terdapat memory penyimpanan sementara yang  disebut dengan VRAM.

1. Pengertian dan prinsip kerja CPU dan GPU
CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang  merupakan sebuah device terpenting dalam sebuah komputer, dan boleh  disebut juga bahwa CPU merupakan otak dari komputer. CPU memiliki tugas  utama yaitu untuk mengolah data berdasarkan instruksi dan data dari  software. Dimana ada CPU maka disitu akan ada heatsink dan kipas yang  berfungsi sebagai pendingin CPU. CPU umumnya terpasang secara on-board  atau telah menjadi satu paket dengan motherboard. CPU biasanya disebut juga dengan processor 
Sedangkan GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit adalah  sebuah prosessor yang memiliki tugas khusus untuk mengolah tampilan  grafik. GPU mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan hingga saat  ini sudah semakin kompleks dan semakin tinggi pula speknya hingga  mendukung untuk menampilkan grafik yang sangat maksimal saat bermain  game.

Pengertian, Cara Kerja, Dan Fungsi Dari CPU dan GPU
Pada Graphic Card (VGA) GPU terdapat pada chip yang dikenal dengan merk  seperti GeForce, Radeon, dan lain sebagainya. Anda akan dapat melihat  device yang satu ini ditandai dengan terdapatnya heatsink (kipas  pendingin), bahkan kipas tersebut akan terlihat menempel pada sebuah  chip yang tertancap pada motherboard. Sedangkan integrated graphics,  GPU-nya biasanya tidak berupa chip tersendiri, namun sudah menjadi satu  dengan motherboard.

2. Cara Kerja CPU dan GPU
  • Cara kerja CPU 
Fungsi utama CPU adalah menjalankan perintah dari  program-program(software) yang tersimpan di dalam memori utama. CPU  melakukannya dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama  dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah. Pekerjaan  ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu membaca instruksi (fetch) dan  melaksanakan instruksi tersebut (execute). Proses membaca dan  melaksankan ini dilakukan berulang-ulang sampai semua instruksi yang  terdapat di memori utama dijalankan atau komputer dimatikan. Proses ini  dikenal juga sebagai siklus fetch-eksekusi.

Pengertian, Cara Kerja, Dan Fungsi Dari CPU dan GPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama  sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk  instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila  berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk  menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi  dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register,  sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di  Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari  Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal  ini diOperand-register).

Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan  logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar  instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila  hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil  pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.  Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan  menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke  Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan  akan ditampilkan ke output-devices.
  • Cara kerja GPU 
Sebuah graphics card modern umumnya terdiri dari lima komponen, yaitu  system interface, memori, graphics prosesor (GPU), frame buffer dan  RAMDAC (Random Accsess Memory Digital / Analog Converter). System  interface berkaitan langsung dengan motherboard. Saat ini, standarnya  adalah PCI-Express, Raw data dimuat ke dalam graphics memory, yang  berfungsi sebagai graphics objek dan texture memory. Umumnya,  berkapasitas antara 256 MB dan 1.024 MB. Selanjutnya dara tersebut  dibaca oleh Graphics Prosessor Unit (GPU) utuk melakukan kalkulasi  terhadap semua posisi (koordinat), gerakan dan permukaan objek dari  seuatu 3D scane. Hasilnya diperuntukkan untuk output gambar. Gambar yang  telah selesai selanjutnya dikirim ke frame buffer. Dari sana, gambar  dikirim lagi ke RAMDAC yang akan mengubah informasi digital menjadi  output gambar analog untuk ditampilkan ke monitor VGA atau menajdi  output digital untuk ditampilkan melalui interface DVI,HDMI, atau  DisplayPort.

Pengertian, Cara Kerja, Dan Fungsi Dari CPU dan GPU
Pada tugas-tugas tertentu, misalnya simulasi data-data keuangan, kinerja  graphics card bahkan 150 kali lebih cepat dari CPU. Kondisi ini  dimungkinkan karena Shader fleksibelnya pada GPU terbaru yang dapat  diprogram bebas. Dengan demikian, graphics chip-nya bisa dipakai sebagai  General Purpose GPU ( GP GPU, Multi Purpose GPU).

Keuntungan performa yang diperoleh ternyata cukup besar. GT200 memiliki  performa hingga 933 GFLOP (FLOP: Floating Point Operations Per Second),  sedangkan RV770 bisa mencapai 1.200 GFLOP. Sebagai perbandingan,  performa Core 2 Quad Q6600 hanya mencapai 21.4 GFLOP. Memang, tidak  semua program dapat berjalan parallel sehingga sebuah CPU menjadi  pilihan lebih baik untuk menyelesaikan tugas-tugas umum. Namun, untuk  kalkulasi spesifik, misalnya simulasi, sebuah GPU bisa jauh lebih unggul  dari kebannyakan CPU.

Selama ini, implementasi program yang seperti itu cukup sulit. Dengan  CUDA (Compute Unified Device Architecture), nVidia menawarkan sebuah  lingkungan pemrograman untuk bahasa C dqan C++. Dengan CUDA, dapat  dikembangkan aplikasi dengan kemampuan kalkulasi parallel yang tinggi  dan dijalankan pada GPU. ATI meluncurkan proyek yang sejenis dengan nama  CTM (Close to the Metal). Namun,tanpa kenyataan dukungan pemrograman  C++.

Namun, dibandingkan dengan sebuah CPU, sebuah GPU memiliki kekurangan  terbesar. Floating Point (FP) number GPU hanya dapat diproses dengan  akurasi satu kali, yaitu 32 bit. Proses yang rumit dengan intermediate  data yang besar membutuhkan akurasi ganda, dalam hal ini 64 bit. ATI dan  nVidia telah merespon tuntutan ini dan sedang berusaha agar GPU terbaru  mereka juga menawarkan tingkat akurasi yang lebih untuk operasi  Floating Point.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment