0

ARTIKEL TENTANG AI

Saturday, June 10, 2017
Share this Article on :
Kita semua tentu tidak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau biasa disingkat AI.  Secara simple tujuan utama AI adalah bagaimana membuat machine (misal komputer) atau software yang memiliki kecerdasan seperti kecerdasan manusia. Kecerdasan disini bisa meliputi penalaran (reasoning), pengetahuan (knowledge), perencanaan (planning), pembelajaran (learning), komunikasi (communication), persepsi (perception) dan lainnya.
Bagi saya bidang AI sangat menarik karena sangat luas aplikasinya. Ketertarikan saya pada AI bermulai saat kuliah S1 di ITS, kalau tidak salah saat itu saya mengambil mata kuliah Intelligent Computing Technology (Komputasi Cerdas) bersama Prof. Muh. Hery. Disini saya mulai berkenalan dengan beberapa bidang AI diantaranya Jaringan Syaraf Tiruan (JST) atau lebih dikenal dengan Artificial Neural Network (ANN), Algoritma Genetika  atau Genetic Algorithm (GA) dan fuzzy logic. Saya akui awalnya mata kuliah ini sangat berat bagi saya atau sulit saya cerna karena baru pertama kali berkenalan dengan AI.
Saat kuliah S2 di KSU saya mendalami lagi AI terutama menggunakannya sebagai  alat atau “tools” untuk memecahkan beberapa problem di engineering. Saya mendalaminya di bawah bimbingan Prof Adel AbdenNour dalam mata kuliah “Intelligence Control System.” Matakuliah ini cukup berat karena tiap pekan harus mengumpulkan report dan program aplikasi. Tiap report berisi ringkasan tiap bidang AI seperti ANN, GA, Fuzzy Logic, Ant Colony  Optimization (ACO)  dan lainya. Setelah itu kami harus membuat program setiap bidang AI tersebut untuk diaplikasikan pada permasalahan di control system atau engineering secara umum.  Meskipun berat tetapi banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari mata kuliah ini. Saya lebih memahami  lagi bidang-bidang AI karena selain dituntut membuat ringkasan pada bidang AI tersebut kita kita juga langsung buat programnya (sebagian code saya sudah posting di blog ini, klik disini dan disini).
Sekarang, saya belajar kembali AI sebagai salah satu mata kuliah S3 (CSC 662 Artificial Intelligence, dengan Dr. Menai). Kali ini belajar AI lebih kearah teoritis dan dari sudut pandang computer science (kebetulan ikut kuliah bukan di jurusan saya (teknik Elektro) tetapi di jurusan computer science). Secara umum mata kuliah ini mencakup:
  • Machine learning (supervised, unsupervised, semi-supervised learning): ID3 (Tree)
  • Problem solving by intelligent search (uninformed search, informed search, constraint satisfaction)
  • Knowledge and reasoning (propositional logic, predicate logic)
  • Uncertain knowledge and reasoning (uncertainty, Bayesian networks …)
Alhamdulillah sekang bidang AI ini mulai berkembang di Indonesia. Mulai banyak pakar yang menggeluti bidang ini. Besar harapan saya kedepan bisa ikut mengembangkan bidang AI ini di Indonesia.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment