Kembali membicarakan tentang
konfigurasi peering. Maka di squid option atau parameter-parameter untuk
pengaturan squid banyak sekali variasinya antara lain terdapat dalam contoh
dibawah ini :
Cache_peer ugm.ac.id sibling 8080 3130
proxy-only
Cache_peer itb.ac.id parent 3128 3130
no-digest round-robin
Cache_peer ui.ac.id parent 3128 3139
weight=2 no-digest
Untuk pengaturan diatas, tipe peer baik
sibling maupun parent, nomor port untuk hubungan icp maupun http telah
dijelaskan pada bab sebelumnya, disini akan dibahas tentang option yang ada
yaitu proxy-only, round-robin, dan no-digest.
Pada bagian sibling cache peer itu
didefinisikan sebagai proxy-only yang berarti seluruh object yang didapatkan
dari sibling tidak akan disimpan ke dalam hardsik, begitu object selesai
didownload maka object tersebut akan langsung diserahkan kepada klien dan
object akan dihapus dari memori, option selanjutnya adalah weight, option
weight adalah digunakan untuk pengaturan prioritas yang semakin tinggi nilainya
maka dia adalah cache parent yang akan dihubungi terlebih dahulu, option
round-robin berfungsi untuk memutar giliran parent mana yang akan diminta
mencarikan object, pada kasus ini jika ada terdapat banyak parent yang tidak
diberi option weight untuk prioritas maka option round-robin digunakan untuk
menggilir cache yang akan dihubungi secara bergantian.
Sedang option no-digest adalah
merupakan salah satu alternative squid berbicara dengan peer. Cache digest
menggunakan cara mengumpulkan header masing-masing object yang telah disimpan
kedalam sebuah file. File ini yang nantinya akan diforward atau didownload oleh
peer dengan menggunakan protokol http. Header ini dikumpulkan dalam versi
terkompres dengan rasio tinggi.
Dengan memperoleh cache-digest dari
peer, squid memperoleh kejelasan status ada tidaknya object yang diminta, tanpa
perlu bertanya dulu sebelumnya lewat protokol ICP, Jelas dari sini squid dapat
mengoptimisasi banwitdh, terutama jika peer terletak dalam jarak logika hoop
yang cukup jauh. Cache digest itu sendiri degenerate secara berkala dan
besarnya tergantung dari jumlah setiap object, masing-masing object tersebut
disimpan dalam header sebanyak 10 bits.
0 comments:
Post a Comment